1 Juni, Kota Tegal Siap New Normal

1 Juni, Kota Tegal Siap New Normal

Upaya percepatan pemulihan perekonomian di Kota Tegal segera dilakukan. Sejumlah ruang publik pun ditinjau jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal. Mulai dari kantor, mal, tempat wisata, dan lainnya. Mereka meninjau untuk melihat persiapan dalam rangka menerapkan kebijakan New Normal (normal baru).

Rencananya besok, Sabtu (30/5) Pemkot Tegal akan apel persiapan penerapan New Normal. New Normal Kota Tegal akan resmi aktif mulai 01 Juni 2020.
Dari pantuan Radar, Jumat siang, Wali Kota Tegal Dedy Yon bersama jajaran melakukan pemantauan di sejumlah obyek wisata di Kota Tegal. Dengan mengendarai sepeda motor, Dedy Yon bersama rombongan meninjau sejumlah objek wisata. Di antaranya Pantai Alam Indah, Pantai Batam Sari, dan Pantai Pulo Kodok. Mereka pun sempat singgah di Masjid Tsumari Margadana.

”Hari ini (kemarin, red) kita bersama pejabat Pemerintah Kota Tegal melakukan monitoring ke sejumlah objek wisata. Sebab Sabtu (30/5), kita akan gelar apel persiapan penerapan new normal di Kota Tegal. Jadi semuanya harus benar-benar siap,” ungkap Dedy Yon Supriyono kemarin.

Saat melakukan pemantauan, Dedy sudah banyak melihat masyarakat yang menggunakan masker. Begitu pula dengan keberadaan tempat cuci tangan di sejumlah ruang publik.

”Tadi di jalan juga saya melihat kesadaran masyarakat menggunakan masker sudah ada. Itu artinya masyarakat sudah sadar betul mencegah penularan virus corona,” ujarnya.

Dia menjelaskan, saat diterapkannya new normal di Kota Tegal, tempat-tempat publik nanti akan dijaga ketat oleh personel TNI-Polri. Satu di antaranya mal. Petugas akan memantau pengunjung, apakah mereka telah menerapkan protokol kesehatan atau tidak.

”Di setiap mal kita kerahkan personel TNI-Polri, jumlahnya 40 personel yang akan dibagi dua shift. Satu shift-nya 20 personel,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan bilik sterilisasi di tiap pintuk masuk mal, termasuk menyiapkan thermogun dan tempat cuci tangan.

”Jadi setiap pengunjung yang masuk, cuci tangan dengan sabun, masuk ke bilik sterilisasi dan yang terakhir dicek suhu tubuhnya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Pemkot Tegal juga menyiapkan tenda kesehatan yang akan dilengkapi dokter dan perawat. Tujuannya, apabila pengunjung merasa tidak enak badan bisa memeriksakan diri.

”Kita juga siapkan ambulans di tiap mal,” jelasnya.

Sementara, terkait new normal di sektor pariwisata dan pendidikan, pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

”Intinya kita mempersiapkan terlebih dahulu, sehingga ketika ada instruksi dari pusat kita sudah siap,” imbuhnya.

Tak hanya, wali kota dan pejabat di jajaran pemkot Tegal saja yang turun meninjau, jajaran TNI dan Polri pun kompak melakukan blusukan menyambut penerapan era new normal di Kota Tegal.

Sumber: