Bandara Jenderal Besar Soedirman Ditarget Akhir Tahun Rampung

Bandara Jenderal Besar Soedirman Ditarget Akhir Tahun Rampung

Progres komulatif pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga sudah mencapai 48,2 persen. Pembangunan tetap dilaksanakan, meski pandemi virus corona.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga Yani Sutrisno menjelaskan, per 17 Mei 2020 lalu, pembangunan bandara sudah mencapai 48,2 persen.

"Sementara pembangunan berhenti karena ada cuti pembangunan. Rencananya awal Juni (pembangunan) akan dilanjutkan kembali," katanya, Rabu (27/5) kemarin.

Dijelaskan, progres komulatif yakni pembangunan apron dan taxiway yang sudah mencapai 63,25 persen. Pembangunan runway sudah mencapai 70,10 persen. Sedangkan pembangunan jalan akses Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), baru mencapai 6,40 persen.


Dengan progres tersebut, diperkirakan akhir tahun ini pembangunan bandara selesai. Selanjutnya akan dilakukan peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo.

Rencana membuka bandara untuk penerbangan komersial pertama kali urung dilakukan pada ibur lebaran tahun ini. Hal itu disebabkan karena masih terjadi pandemi covid-19.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan Bandara Jenderal Besar Soedirman bisa dioperasionalkan pada libur Lebaran 2020. Meski fasilitas bandara belum lengkap.

Sementara itu untuk fasilitas pendukung bandara, pada 2019 telah diselesaikan pembangunan jalan masuk ke Kawasan Bandara JB Soedirman.

Pada tahun 2020 dialokasikan dana sebesar Rp1 miliar untuk pembangunan gerbang masuk bandara, penyediaan kebutuhan air bersih serta penguatan struktur jalan menuju bandara. (tya/zul)

Sumber: