7 Jenis Mobil yang Tidak Bisa Naik di Tanjakan Terjal, Nomor 5 Sering Diabaikan Pengemudi
MOGOK - Setiap kendaraan memiliki karakteristik performa yang berbeda, dan tidak semuanya cocok digunakan di jalan tanjakan curam.-freepik/radartegal.disway.id-
radartegal.com - Bagi para pengemudi di wilayah pegunungan atau jalanan dengan kontur ekstrem, penting untuk memahami bahwa tidak semua mobil dirancang untuk menghadapi medan tanjakan terjal.
Beberapa jenis kendaraan justru berisiko tinggi mengalami gagal tanjak, tergelincir, atau bahkan menyebabkan kecelakaan jika dipaksakan melintasi jalur curam.
Berikut ini adalah tujuh tipe mobil yang sebaiknya dihindari penggunaannya saat harus melintasi tanjakan curam, terutama demi alasan keselamatan dan efisiensi performa.
Tipe mobil yang dihindari di tanjakan terjal
1. Mobil Bermesin Kecil
Mobil dengan kapasitas mesin kecil, biasanya di bawah 1.200 cc, sering kali kesulitan saat menghadapi tanjakan curam. Keterbatasan tenaga menyebabkan mobil kehilangan momentum di tengah tanjakan, yang bisa memicu kendaraan mundur secara tiba-tiba.
BACA JUGA:4 Tips Berkendara di Arus Balik Nataru 2025, Hati-hati di Perjalanan
BACA JUGA:6 Tips Berkendara Suzuki APV di Tanjakan, Lakukan Agar Kendaraan Tak Oleng
Menurut laman resmi Toyota Indonesia, mobil dengan mesin kecil cocok digunakan di area perkotaan yang relatif datar. Namun, saat digunakan di medan berat, mesin harus bekerja lebih keras, sehingga bisa menimbulkan overheat dan keausan komponen lebih cepat.
2. Mobil dengan Transmisi Otomatis CVT
CVT (Continuously Variable Transmission) dikenal dengan kenyamanan perpindahan giginya yang halus. Namun, sistem ini memiliki kelemahan ketika digunakan di medan ekstrem seperti tanjakan curam.
CVT cenderung membutuhkan waktu untuk membaca torsi yang dibutuhkan, sehingga bisa terjadi jeda respons yang membuat kendaraan kehilangan momentum.
Kompas Otomotif pernah mengulas bahwa pengemudi CVT perlu memiliki teknik khusus saat di tanjakan, seperti menggunakan mode manual atau L (low gear) jika tersedia.
BACA JUGA:8 Tips Berkendara Pajero Sport 2024 saat di Tanjakan, Dijamin Aman sampai Tujuan
BACA JUGA:Tips Berkendara Jarak Jauh Pake Mobil Kijang Innova, Solusi Mengemudi Aman Tanpa Kendala
3. Mobil dengan Rem Tidak Prima
Rem adalah salah satu komponen paling krusial dalam keselamatan berkendara, terutama di jalur menanjak dan menurun. Mobil dengan sistem pengereman yang sudah aus, tidak responsif, atau mudah panas akan sangat berbahaya ketika berhenti atau parkir di tanjakan.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


