Pantas Saja Masih Muda Duitnya Banyak, Ternyata Begini 7 Cara Menabung ala Orang Jepang Agar Cepat Kaya Raya

Pantas Saja Masih Muda Duitnya Banyak, Ternyata Begini 7 Cara Menabung ala Orang Jepang Agar Cepat Kaya Raya

Cara Menabung Ala Orang Jepang--

RADAR TEGAL - Orang Jepang dikenal memiliki budaya yang rajin dan sangat disiplin, termasuk dalam hal mengatur keuangan. Tak hanya itu, gaya hidup orang Jepang juga cenderung hemat, dan mereka tidak menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak berguna. Untuk itu, artikel ini akan memberikan 7 cara menabung ala orang Jepang yang bisa kamu lakukan agar cepat kaya.

Meskipun terdengar sederhana, tidak semua orang bisa teratur untuk menerapkan kebiasaan menabung. Dengan mengikuti beberapa tips cara cepat kaya ala orang Jepang ini akan membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih hemat, konsisten, dan pandai dalam mengatur keuangan. 

Walaupun kenyataanya selalu saja ada godaan yang membuat kamu menghabiskan uang untuk kesenangan tertentu saja. Maka dari itu, kamu perlu belajar dari kebiasaan orang Jepang agar bisa mengontrol seluruh pengeluaran seminimal mungkin.

Nah, dalam hal menabung dan mengatur uang, warga Jepang ini memiliki budaya yang dinamakan Kakeibo. Berikut penjelasan cara menabung ala orang Jepang agar cepat kaya yang dapay kamu simak dibawah ini.

BACA JUGA: 3 Peluang Usaha Menjanjikan yang Bikin Kamu Cepat Kaya, Insya Allah Tajir Melintir Dalam Hitungan Tahun

Cara menabung ala orang Jepang agar cepat kaya 

Kakeibo merupakan suatu cara untuk melakukan pencatatan keuangan secara manual untuk mencapai tujuan keuangan. Metode yang banyak dilakukan para ibu rumah tangga di Jepang ini mengedepankan untuk mencatat menggunakan pena dan kertas, bukan dengan aplikasi pencatatan keuangan.  

Nah, metode Kakeibo ini diyakini dapat membantu kamu yang ingin berhemat dan lebih cermat dalam membelanjakan uang yang dimiliki.

Lantas, bagaimana cara menerapkan metode Kakeibo dalam kehidupan sehari-hari? Simak artikel dibawah ini.

1. Mencatat Seluruh Pemasukan 

Tips menabung ala orang Jepang yang pertama adalah mencatat seluruh pemasukan setiap awal bulan, baik dari pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan. 

Metode Kakeibo menyarankan kamu untuk mencatat keuangan dengan cara menulis memakai pena atau pensil di buku agar kamu benar-benar meresapi apa yang telah di catat.  

2. Nabung Dulu, Baru Alokasikan Dana ke Beberapa Pos

Metode Kakeibo ini menyarankan kamu untuk menyisihkan terlebih dahulu uang yang akan ditabung, baru mengalokasikan sisanya ke beberapa pos pengeluaran. 

Sumber: