Tebing Jalan Tinggi 15 Meter Panjang 10 Meter di Desa Luwijawa Kabupaten Tegal Longsor

Tebing Jalan Tinggi 15 Meter Panjang 10 Meter di Desa Luwijawa Kabupaten Tegal Longsor

Kepala Desa Luwijawa, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Agus Suprayitno menunjukkan lokasi longsor di RT 04 RW 01.-Yeri Noveli-

JATINEGARA, RADARTEGAL.COM – Tebing di Desa Luwijawa, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal longsor, Senin 23 Januari 2023, sekitar pukul 15.30 WIB. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, warga sekitar khawatir akan terjadi longsor susulan di tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter itu.

Saritah (63), warga RT 04 RW 01 Desa Luwijawa, menuturkan, sebelum longsor, di wilayah tersebut diguyur hujan deras dan disertai angin kencang.

"Waktu itu saya masih di dalam rumah, lalu mendengar suara gemuruh tanah bergerak. Dan saya langsung keluar dan melihat jalan sudah longsor,” kata Saritah, yang rumahnya berada di belakang tebing longsor tersebut. 

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras, Atap Rumah Warga Desa Kaliwadas Tegal Ambruk

Saritah mengaku bersyukur karena rumahnya tidak tertimpa material longsor. 

Namun demikian, hingga kini Saritah masih waswas terjadi longsor susulan. Sebab, hujan lebat masih terjadi di wilayah tersebut.

“Kami minta pemerintah segera memperbaiki sebelum terjadi longsor susulan,” harapnya. 

Kepala Desa Luwijawa, Agus Suprayitno menjelaskan, tebing jalan yang longsor itu tingginya sekitar 15 meter dengan lebar 3 meter dan panjang 10 meter.

BACA JUGA:Tongkat Komando Polres Tegal Resmi Digenggam AKBP M Sajarod Zakun

Di bawah tebing itu terdapat 10 rumah. Penyebab longsor, menurut Kades, karena intensitas hujan cukup tinggi. Sehingga tebing tak mampu menahan air.

“Tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan pada rumah penduduk, namun sangat berisiko terjadi longsor susulan,” tukasnya. *

Sumber: