Trik Ampuh Membersihkan Filter Udara Motor Matic Honda agar Tarikan Mesin jadi Lebih Enteng

Trik Ampuh Membersihkan Filter Udara Motor Matic Honda agar Tarikan Mesin jadi Lebih Enteng

cara membersihkan filter udara motor matic Honda yang kotor--

radartegal.com - Filter udara motor matic Honda memiliki peran krusial dalam menjaga performa mesin. Komponen ini bertindak sebagai penyaring udara kotor yang masuk ke ruang bakar.

Jika filter udara motor matic Honda dibiarkan kotor, kinerja mesin akan terganggu. Akibatnya, proses pembakaran tidak sempurna dan dapat menyebabkan penurunan tenaga, konsumsi bahan bakar meningkat, serta potensi kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Pembersihan filter udara motor matic Honda secara rutin sangat penting untuk menjaga performa mesin. Meskipun bisa dilakukan sendiri, proses pembersihan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak struktur filter.

Secara umum, ada tiga jenis bahan yang digunakan untuk membuat filter udara, yaitu urethane foam, dry paper, dan viscous paper element. Jenis filter ini memiliki lapisan oli yang berfungsi untuk menangkap partikel debu dengan lebih efektif.

BACA JUGA: Jarang Ada yang Tahu! Ini Motor Honda Matic paling Murah di Indonesia Harganya Cuma

BACA JUGA: Pilihan Motor Bebek Honda Terbaru 2024, Ada yang Iritnya Nggak Kalah dengan BeAT

Cara membersihkan filter udara motor matic Honda

Melansir info dari laman artikel motorkux.id, begini cara bersihin filter motor matic Honda kesayangan kamu bedasarkan jenis filter dan metode yang benar:

1. Urithane Foam (Bahan Busa)

Jenis ini perlu dilakukan perawatan berkala setiap 4.000 km berlaku kelipatan. Jangan cuci atau lumasi filter ini dengan cairan yang mudah terbakar.

Cara membersihkannya adalah dicuci menggunakan air detergen atau cairan pembersih lalu kemudian diperas dan keringkan dengan udara bertekanan. Setelah itu bisa lumasi filter udara menggunakan oli.

2. Dry Paper (Bahan sejenis Kertas)

Filter udara jenis ini perlu dilakukan perawatan berkala seperti filter udara jenis Urithane Foam, setiap 4.000 km dan kelipatannya. Tapi cara perawatannya perlu penanganan yanga sedikit berbeda.

BACA JUGA: Tampil Lebih Menarik, Ini Spesifikasi Honda Scoopy 2024 Terbaru yang Makin Canggih

BACA JUGA: Pembaruan Honda X ADV 2025 Terbaru Bocor, Tampil Lebih Mewah dan Fungsional

Untuk membersihkan filter udara jenis Dry Paper dengan menyemprotkan angin bertekanan pada bagian belakang filter udara yang terdapat flame trap. 

Sumber: