Diikuti 800 Peserta, Karnaval Kelurahan Kaligangsa Tegal Digelar di Akhir Agustus 2024

Diikuti 800 Peserta, Karnaval Kelurahan Kaligangsa Tegal Digelar di Akhir Agustus 2024

PAWAI - Karnaval Kelurahan Kaligangsa pada tahun ini cukup meriah, yang memperingati hari kemerderakaan RI yang ke-79.-(Foto: Aditya Saputra/Radar Tegal Group)-

TEGAL, radartegal.com - Dalam rangka menyambut Kemerdekaan RI yang ke-79 pada hari terakhir di bulan Agustus, Kelurahan Kaligangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal, menggelar karnaval bertajuk "Nusantara Baru, Indonesia Maju." 

Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Agustus 2024 pukul 13.00, dan berhasil menarik perhatian masyarakat setempat. 

Dengan rute yang meliputi beberapa jalan utama di wilayah tersebut, karnaval ini diikuti oleh sekitar 800 peserta dari berbagai kalangan.

Karnaval ini dimulai dari MI Ihsansiyah 01 Kaligangsa, sebuah sekolah dasar madrasah yang menjadi titik awal atau start dari perjalanan peserta. 

BACA JUGA: Antusiasme Meningkat, Karnaval HUT RI ke-79 di Bumiayu Brebes Diikuti Peserta dari Banyumas

BACA JUGA: Pemkot Tampilkan Tari Geyol Tegal di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI Balikpapan

Rute yang dilalui peserta karnaval Kelurahan Kaligangsa Tegal ini cukup panjang dan meliputi Jalan Bekasi Selatan, Jalan Bekasi, Jalan Dr. Ciptomangunkusumo, hingga finish di Jalan M. Toha. 

Rute ini dipilih untuk memberikan kesempatan bagi lebih banyak masyarakat untuk menikmati parade yang penuh warna ini.

Para peserta karnaval berasal dari berbagai elemen masyarakat.

Mulai dari organisasi masyarakat, RT, RW, hingga sekolah-sekolah seperti SMK, MTs, SD, dan MI yang ada di Kelurahan Kaligangsa. 

Kehadiran berbagai kelompok ini menjadikan karnaval semakin semarak, karena setiap peserta tampil dengan kreativitas masing-masing. 

Ada yang mengenakan pakaian adat, membawa replika bangunan khas Nusantara dan ogoh-ogoh raksasa, hingga menampilkan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain parade drum band  yang menampilkan berbagai atraksi menarik, karnaval ini juga dimeriahkan oleh iringan musik tradisional dan modern yang dimainkan sepanjang rute. 

BACA JUGA: Bawa Peserta Terbanyak, PC Muhammadiyah Adiwerna Terjunkan Tim Sapu Bersih saat Karnaval

Sumber: