Vaksin Terbatas, Ganjar Ungkap Alasan Pilih Tiga Daerah Jadi yang Pertama

Vaksin Terbatas, Ganjar Ungkap Alasan Pilih Tiga Daerah Jadi yang Pertama

Jumlah vaksin yang sudah tiba di Jawa Tengah sebanyak 62.560 dosis jenis Sinovac. Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, vaksin yang disuntikkan di tiga daerah pertama kurang dari 62 ribu dosis. Artinya masih ada sisa sesuai hitungan sekitar 8 ribuan dosis.

Ganjar Pranowo juga mengungkapkan alasan Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta sebagai tiga daerah pertama penerima vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah. Menurutnya, penetapan itu lantaran jumlah vaksin yang terbatas.

"Vaksin diprioritaskan di tiga daerah karena jumlahnya terbatas. Maka kita mulai dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta dulu. Nanti kan tambahannya akan jalan terus. Maka dengan hari pertama, insya Allah besok di tanggal 14 kita mulai maka kita akan berikan nakes di situ dulu," katanya saat ditemui di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (12/1).

"Nanti kalau tahap berikutnya dikirim akan kita sebarkan pada yang lain. Soal bagaimana kita menjadwalkan saja," lanjut Ganjar.

"Hitungan kita masih ada sekitar 8 ribuan. Nah, itu nanti akan kita pakai untuk nakes-nakes yang memang daerahnya sangat membutuhkan. Misal setelah itu bisa Banyumas atau daerah-daerah yang kemarin cukup rawan," jelasnya.

Sementara itu, pengiriman atau distribusi vaksin ke tiga daerah tersebut masih disiapkan detailnya oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 

"Belum dikirim. Keputusan (BPOM) kan baru kemarin. Hari ini manajemen masih dipersiapkan. Dari tiga daerah itu delivery yang agak jauh nanti cuma Surakarta. Masih disiapkan oleh dinkes apakah dikirim per hari ini atau nanti H-1," ungkapnya. (*/ima)

Sumber: