Kebumen Diterpa Banjir dan Longsor, Pemprov Jateng Segera Kirim Bantuan ke Lokasi

Kebumen Diterpa Banjir dan Longsor, Pemprov Jateng Segera Kirim Bantuan ke Lokasi

Ratusan warga di Kabupaten Kebumen terpaksa mengungsi, Selasa (27/10). Hal ini menyusul musibah banjir yang merendam puluhan desa di sana. 

Selain banjir, bencana alam berupa tanah longsor juga melanda wilayah itu. 

Pemprov Jateng telah turun tangan ikut serta dalam penanganan akibat musibah tersebut. Bantuan dan penanganan telah dilakukan ke titik bencana.

"Sudah, kemarin tim dari DPU PSDA sudah turun kirim alat, kemudian BPBD turun," kata Ganjar di Gedung Gradhika Bhakti Praja kantor Gubenur Jateng, Kota Semarang, Selasa (27/10).

Menurutnya, dari pemprov juga sudah ikut menangani para pengungsi di Kebumen. Termasuk juga pihaknya menyiapkan logistik, kantung pasir (sand bag) dan alat berat. 

"Sudah jalan kemarin. Sore sudah datang, hari ini sudah bekerja. Bantuan TNI-Polri sudah jalan," sambungnya.

Dari informasi yang didapatnya, tanggul jebol menjadi pemicu terjadinya banjir. Menurutnya, tanggul yang jebol termasuk parah. Ganjar telah meminta semua yang terkait harus turun menangani, hari ini.

Ganjar mengingatkan kepada pengungsi banjir Kebumen untuk tetap memerhatikan protokol kesehatan. Tentu mengatur tempat pengungsian sehingga ada jarak antarpengungsi dan diatur sesuai dengan anggota keluarganya masing-masing.

Pihaknya sudah menyampaikan hal itu. Namun, dia menyadari jika hal itu butuh latihan untuk bisa menyetting ruangan pengungsi agar aman. Termasuk menyiapkan masker kepada pengungsi.

"Ini dalam kondisi pengungsian tapi pandemi. Protokolnya tetap musti diikuti," ujarnya.

Ganjar juga memastikan, upaya darurat penanganan tanggul jebol sudah dilakukan. Termasuk alat berat yang sudah turun. 

"Sudah turun. Sekarang sudah turun. Alat-alat berat sudah turun," pungkas Ganjar. 

Pelaksana Tugas Kalahar BPBD Jateng Syafrudin mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Kebumen kaitannya kebutuhan darurat yang dibutuhkan supaya bermanfaat. Di antara yang disiapkan BPBD Jateng ke Kebumen adalah satu unit kapal, beberapa pelampung, logistik seperti beras, gula pasir, ikan kemasan kaleng, peralatan keluarga (family kit), masker kain, hingga masker medis. Dari Dinas Sosial Jateng juga telah turun mengirimkan bantuan ke daerah tersebut.

"Beberapa karung sand bag juga sudah diberikan, karena tanggulnya kan dadar (jebol)," kata Syafrudin via telepon.

Sumber: