Pemkab Brebes Raih Tiga Kategori Top BUMD Awards 2020

Pemkab Brebes Raih Tiga Kategori Top BUMD Awards 2020

Bupati Brebes Idza Priyanti meraih penghargaan nasional. Penghargaan tersebut berupa Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam ajang Top BUMD Awards 2020. 

Adapun, penghargaan diserahkan Ketua Dewan Juri Prof Dr Djohermansyah Djohan MA diterima Bupati Brebes Idza Priyanti dan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Baribis Agus Isyono serta Direktur Umum Ahmad Zaeni di Golden Ballroom – The Sultan Hotel Jakarta, Kamis (27/8) sore.

"Penghargaan ini merupakan kerja keras seluruh jajaran BUMD dan masyarakat Brebes," ujar Bupati Hj Idza usai menerima penghargaan.

Dikatakannya, selaku bupati, dirinya telah mengucurkan penyertaan modal kepada BUMD-BUMD di Kabupaten Brebes dan kebijakan lainnya demi peningkatan ekonomi daerah. Kucuran dana tidak hanya berupa uang tunai tetapi juga nilai bangunan dan investasi lainnya. 

"Bahkan, untuk memajukan Perumda Air Minum Tirta Baribis misalnya, penyertaan modal dari pemkab hingga 2020 telah dikucurkan sebanyak Rp52 miliar," katanya.

BUMD yang dimiliki Kabupaten Brebes yakni Perumda Air Minum Tirta Baribis, Perumda Bank Brebes, Perusda Percetakan dan Perusda Farmasi.

Penghargaan ini, lanjut Idza, diharapkan bisa menjadi pelecut semangat dalam meningkatkan layanan ke pelanggan. 

"Layanan ke pelanggan merupakan kewajiban yang harus diutamakan. Jadi diharapkan, penghargaan ini bisa ditingkatkan layanannya," pungkasnya.

Ketua Panitia Penyelenggara M. Lutfi Handayani mengatakan, penghargaan tahunan ini diberikan kepada BUMD yang berkinerja baik. Juga dukungan riil pemerintah daerah setempat untuk pengembangannya. 

Ajang penghargaan Top BUMD Awards 2020 digelar oleh majalah bisnis ternama di Indonesia bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga tim penilai. 

Kegiatan ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak 2016. 

Acara penganugerahan Top BUMD Awards diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan, dan dihadiri oleh 470 peserta.

Untuk tahun 2020 ini, tema yang diangkat adalah Strategi Keberlangsungan Bisnis BUMD di era New Normal.

Acara dibuka Wakil Presiden RI KH Maruf Amin melalui sambungan daring. Wapres menekankan pentingnya pengelolaan BUMD secara profesional dan efektif. Karena BUMD bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat setempat. 

Sumber: