Leganya Sri Rejeki, Pemprov Jateng Buatkan Kelas Jarak Jauh di Tawangmangu

Leganya Sri Rejeki, Pemprov Jateng Buatkan Kelas Jarak Jauh di Tawangmangu

Sri Rejeki,35, tak henti-hentinya mengucap syukur mendengar kabar bahwa Pemprov Jateng akan membuat kelas jarak jauh di Tawangmangu. Bagaimana tidak, kebingungannya untuk mendaftarkan anaknya sekolah di SMA negeri hilang sudah dengan kabar ini.

Saat dikonfirmasi, Sri Rejeki mengatakan bahwa tidak ada satupun SMA atau SMK negeri di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Sehingga, dengan sistem zonasi, ratusan anak Tawangmangu termasuk anaknya, Dimas Adi Setyawan tidak bisa masuk sekolah negeri.

"Alhamdulillah, saya jadi tenang. Kemarin bingung mau nyari sekolah di mana. Anak saya sempat daftar di SMAN Karangpandan, tapi tidak masuk zonasi. Mencoba peruntungan di SMKN 2 juga tidak bisa, sampai sekarang masih bingung," kata Sri saat dikonfirmasi, Senin (29/6).

Menurut Sri, banyak anak-anak lulusan SMP di Tawangmangu. Namun, tahun ini, tidak ada yang bisa masuk ke SMA/SMK negeri.

"Lega sekali ada kabar mau dibuatkan kelas jarak jauh di sini, jadi tidak bingung lagi. Ke depan, harapan saya tetap dibangunkan sekolah negeri di sini, biar kami tidak kebingungan," ucapnya.

Hal senada disampaikan Dimas Adi Setyawan,15. Ia menerangkan, lulusan angkatannya di SMPN 1 Tawangmangu tahun ini ada 200 lebih siswa. Semuanya sama nasib, kesulitan melanjutkan sekolah ke SMA/SMK negeri.

"Sulit sekali, soalnya tidak ada sekolah. Senang kalau mau dibuatkan kelas jarak jauh, tapi harapannya tetap dibangunkan sekolah negeri di sini," ucap Dimas.

Tiga Kecamatan Dibangun Kelas Jarak Jauh

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Jumeri menerangkan, dari kajian mendalam, pihaknya akan membuat kelas jarak jauh di tiga kecamatan. Yakni, Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Gebok Kabupaten Kudus dan Pagentan di Banjarnegara.

"Pemilihan tiga kecamatan itu dikarenakan hasil kajian mendalam. Sebab, di tiga kecamatan itu sama sekali tidak ada SMA/SMK-nya, baik negeri maupun swasta. Kalau di kecamatan lain yang memang tidak ada sekolah negerinya, di sana sudah ada sekolah swasta," kata dia.

Untuk Kecamatan Tawangmangu dan Gebog, Jumeri menerangkan akan dibuat kelas jarak jauh SMA. Sementara di Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, kelas jarak jauh yang akan dibuatkan adalah SMK.

"Di Tawangmangu dan Pagentan itu akan ada dua kelas jarak jauh, sementara di Gebok hanya akan ada satu kelas. Setiap kelas, siswanya bisa menampung 36 orang," terangnya.

Selain kajian mendalam, pembuatan sekolah jarak jauh di tiga kecamatan itu merupakan inisiatif dan usulan masyarakat. Setelah pengajuan masuk dan dilakukan kajian, maka disetujui adanya kelas jarak jauh di tiga kecamatan itu.

"Untuk proses perekrutan siswa direncanakan pada awal Juli nanti. Prosesnya nanti offline, tidak online seperti PPDB yang sudah dilakukan saat ini," ucapnya.

Sumber: