Rahasia Awet Honda Vario 125 Sampai 200.000 KM, Nomor 3 Gak Masuk Akal

Rahasia Awet Honda Vario 125 Sampai 200.000 KM, Nomor 3 Gak Masuk Akal

PERAWATAN - Jika ingin motor Honda Vario 125 Anda tahan banting dan hemat biaya perawatan dalam jangka panjang, mulai terapkan kebiasaan baik ini dari sekarang.-radartegal.disway.id-

radartegal.com - Honda Vario 125 dikenal sebagai salah satu skuter matik paling tangguh dan irit di Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa ada pemilik yang sukses menjaga motornya tetap prima meski sudah menempuh jarak hingga 200.000 kilometer?

Yup, angka yang terdengar gila, tapi nyata! Tentu saja, hal ini tidak terjadi begitu saja. Ada rahasia perawatan khusus yang perlu kamu terapkan biar motor Honda Vario 125 Anda bisa awet seperti itu.

Berikut ini adalah sederet trik dan tips yang biasa dilakukan oleh pemilik motor Honda Vario 125 yang sukses mencapai angka fantastis tersebut, dirangkum dari pengalaman bengkel dan testimoni pengguna yang kami kutip dari berbagai sumber terpercaya.

Tips perawatan Honda Vario 125

1. Rutin Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan

Hal paling dasar tapi paling vital ganti oli secara teratur. Untuk oli mesin, disarankan mengganti setiap 1.000–2.000 km atau sebulan sekali, terutama jika kamu memakai oli biasa.

BACA JUGA:Terbaru! Harga dan Review Honda Scoopy Mei 2025, Skutik Retro Penuh Fitur Canggih

BACA JUGA:Mesin Mewah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Stylo 160 yang Bikin Konsumen Keder

Tapi kalau kamu pakai oli full sintetik, seperti Honda SPX2, kamu bisa menyesuaikan intervalnya menjadi lebih panjang, tergantung pemakaian. Sedangkan oli gardan yang sering dilupakan banyak orang wajib diganti setiap 5.000 km.

Kalau kamu termasuk yang mengendarai motor lebih dari 100 km per hari, sebaiknya lebih sering lagi menggantinya, bahkan dua minggu sekali demi menjaga performa transmisi tetap halus.

Menurut laman resmi Astra Honda Motor, pemilihan oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan bisa memperpanjang umur mesin dan menjaga konsumsi BBM tetap efisien.

2. Servis Berkala

Servis rutin bukan hanya soal ganti oli. Kamu juga harus memperhatikan bagian Continuously Variable Transmission (CVT), termasuk V-belt dan roller.

BACA JUGA:Gerrrr!!! Honda PCX 160 2025 Tampil Lebih Modern Bikin Konsumen Ngiler

BACA JUGA:New Honda PCX160 Media Exploration, Astra Motor Jateng Ajak Jurnalis Nikmati Kecanggihan Fitur RoadSync

Komponen ini idealnya dicek dan dibersihkan setiap 10.000–20.000 km atau bahkan sebulan sekali kalau motormu dipakai harian.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: