Dalam kondisi pandemi yang membatasi interaksi tatap muka antarmanusia, Main Dealer Astra Motor Jateng tidak kehabisan akal untuk terus berinovasi dan berkembang.
Terutama untuk terus memberikan layanan terbaik bagi konsumen setia Honda di Jawa Tengah. Salah satunya dengan terus mempertahankan kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM, baik kepada pimpinan dealer, sales people, dan juga bagian lain yang berhubungan langsung dengan konsumen Honda.
Bagian People Development Astra Motor Jateng secara rutin memberi training untuk menyegarkan pengetahuan mengenai product knowledge dan teknologi yang dimiliki oleh motor Honda.
Selama pandemi ini, training yang biasanya dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, berganti menggunakan teknologi informasi berupa Zoom, Google Meet, dan lainnya.
Namun, ada sesuatu yang menarik dari training Refreshment Training Honda ADV150 dan Vario125 & Vario150 serta Training Product Baru Honda CT125 bagi pimpinan dealer dan sales people sepeda motor Honda yang diadakan penuh selama dua hari ini. (16-17/9).
Dalam training kali ini, Agung Hounggo selaku People Development Supervisor Astra Motor Jateng dan Oke Desiyanto selaku Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng sebagai trainer mempraktikkan konsep training yang berbeda dari biasanya.
Training kali ini menggunakan konsep podcast, mengadaptasi dari konten yang sedang ramai di dunia maya.
“Tantangan kami sebagai trainer di masa seperti ini adalah kurangnya interaksi antara kami dan peserta training. Sehingga kami selalu memikirkan berbagai cara untuk melaksanakan training yang menarik, bermanfaat, dan terus berinovasi dalam konsep-konsepnya supaya peserta tidak bosan,” terang Oke Desiyanto.
Meskipun menggunakan konsep podcast, training ini juga sarat interaksi dengan beragam peserta yang tersebar di seluruh Jawa Tengah. Materi yang disampaikan dalam training ini seputar product knowledge, sales talk, tanya jawab seputar kendala penjualan di lapangan, dan lainnya.
“Training yang dilakukan secara online ini menjadi wadah trainer untuk berinovasi dan berekspresi, di mana sebelumnya kami mencoba untuk bermain peran sesuai dengan produk yang sedang kami bahas. Kali ini konsepnya podcast, mungkin training berikutnya akan berganti lagi. Yang jelas kami akan terus berinovasi dalam pengembangan SDM guna memberikan layanan prima ke seluruh konsumen Honda di Jawa Tengah,” jelas Agung Hounggo. (*/ima)