Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Siswa SD di Kabupaten Tegal Dilatih Berwirausaha

Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Siswa SD di Kabupaten Tegal Dilatih Berwirausaha

Sejumlah siswa SD Negeri Kedungbanteng 01 mengikuti Gelar Karya Kuliner dalam rangka mengimplementasikan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.-Yeri Noveli-

KEDUNGBANTENG, RADARTEGAL.COM - Sejumlah pelajar SD Negeri Kedungbanteng 01 Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal dilatih berwirausaha. Kegiatan itu merupakan implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala SD Negeri Kedungbanteng 01, Soleh, mengatakan, gelar karya itu mengusung tema 'Membangun Karakter Dengan Karya, Kewirausahaan dan Bazar Kuliner'. 

Kegiatan hanya diikuti khusus bagi siswa kelas 1 dan 4. Setiap kelas berjumlah 36 anak. Sehingga totalnya sebanyak 72 anak.

"Untuk tahun pertama, kurikulum merdeka ini kita hanya melibatkan siswa kelas 1 dan 4. Nanti untuk tahun depan, kelas 2 dan 5. Kemudian tahun depannya lagi, kelas 3 dan 6," kata Soleh, Rabu 8 Maret 2023.

BACA JUGA:Gelar Apel Ikan Selayar, Kapolres Tegal: Mari Sadar akan Pentingnya Keselamatan Berlayar

Soleh mengemukakan, untuk Gelar Karya Kuliner ini, para peserta membawa makanan atau jajanan dari rumahnya masing-masing. Kemudian di sekolah, jajanan itu dijual ke siswa lainnya.

Tujuannya, untuk melatih siswa berwirausaha sejak dini. Menurut Soleh, kegiatan itu merupakan implementasi dari program P5.

"Kita bangun karakter siswa dengan cara berwirausaha," ucapnya.

Soleh berujar, saat ini sekolahnya juga sedang ada program kampus mengajar. Sedikitnya ada 5 orang mahasiswa dari UPS dan UNNES yang sedang KKN di sekolahnya selama 4 bulan.

BACA JUGA:SMK Peristek Pangkah Juara 2 LCC dan Rohis Tingkat Kabupaten Tegal

Soleh berharap, program P5 dan kampus mengajar itu bermanfaat bagi anak didiknya. 

"Semoga kegiatan ini ada outputnya untuk siswa dan keluarga besar sekolah kami," ucapnya. *

Sumber: