Covid-19 Masih Ada, Muncul Varian Baru Omicron XBB, Ganjar: Jangan Sepelekan, Pakai Masker dan Segera Booster

Covid-19 Masih Ada, Muncul Varian Baru Omicron XBB, Ganjar: Jangan Sepelekan, Pakai Masker dan Segera Booster

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo--

SEMARANG, RADARTEGAL.COM - Covid-19 masih ada. Muncul varian baru Omicron XBB.

Usai munculnya varian baru Omicron XBB, kasus harian Covid-19 mengalami peningkatan. Hal ini disikapi serius Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Orang nomor satu di Jateng itu, mengimbau masyarakat tidak menyepelekan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mengikuti Rakor perkembangan pandemi Covid-19 dan rencana penghentian PPKM level dipimpin Menko Marves secara daring, Jumat 4 November 2022.

BACA JUGA:Tingkatkan Konektivitas Digital Merata dan Setara, Telkomsel Optimalkan Frekuensi 2,1 GHz

“Pertama yang penting kita tetep pruden, kita nggak boleh sepelekan. Meskipun banyak informasi yang masuk bahwa varian ini tidak berbahaya,” tegas Ganjar.

Kata Ganjar, faktanya saat ini kasus harian bertambah. Bahkan angka kematian dan BOR-nya juga bertambah.

“Kami cek sekali lagi harus hati-hati, banyak di antara mereka yang komorbid. Jadi penyebabnya sebenarnya yang mana, komorbidnya atau ini (varian baru),” katanya.

Ganjar juga sepakat mengikuti keputusan Menko Marinves dengan melanjutkan PPKM. Sejalan, edukasi dan sosialisasi dilakukan agar masyarakat tetap mengenakan masker saat beraktivitas.

BACA JUGA:Wow, Bisa Panen Tiga Kali, Petani Berharap Gerakan Seribu Embung Ganjar Bisa Diterapkan Secara Nasional

“Kuncinya hanya dua, satu pakai masker, dua segera booster. Masker booster itu kita jadikan satu paket membangun kesadaran diri,” tegasnya.

Mantan anggota DPR RI itu mengatakan, stok vaksin booster saat ini tercukupi. Ganjar menyampaikan terimakasih pada Kementerian Kesehatan yang merespon cepat permintaan dari Jawa Tengah.

“Nanti kita dari dinas akan melakukan percepatan, tapi seluruh rumah sakit jangan ambil resiko. Semua mesti siaga,” ujarnya.

Laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yunita Dyah Suminar kepada Ganjar, saat ini stok vaksin booster tersedia 267.930 dan didistribusi ke 35 kabupaten kota.

Sumber: