SMK Diminta Update Perkembangan Pasar Dunia Usaha dan Industri

SMK Diminta Update Perkembangan Pasar Dunia Usaha dan Industri

Kepala Disdikbud Jateng saat kunjungan ke SMK BP Adiwerna.-Yeri Noveli-

ADIWERNA, RADARTEGAL.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah meminta kepada seluruh SMK negeri maupun swasta di Kabupaten Tegal untuk selalu update perkembangan pasar seperti kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. 

Sehingga tidak ditinggal para peminat atau calon peserta anak didik. Karena selama ini, mindset masyarakat terhadap sekolah kejuruan, mayoritas endingnya untuk bekerja.

"SMK harus selalu mengikuti perkembangan pasar," kata Uswatun Hasanah, saat berkunjung ke SMK Bhakti Praja (BP) Adiwerna, Kabupaten Tegal, Kamis 3 November 2022.

BACA JUGA:Embung dari Ganjar Usir Hantu Kekeringan yang Meneror Warga Wonogiri

Menurutnya, implementasi Kurikulum Merdeka, suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan karakter. Untuk itu, diharapkan setiap SMK yang hendak menggelar kegiatan, even, pameran dan pembelajaran, karakter anak harus dibentuk. Termasuk harus mengangkat muatan lokal.

Seperti yang baru dilihatnya di SMK BP Adiwerna, sejumlah pelajar sedang bermain gamelan. Diharapkan, pembelajaran diberikan tidak hanya secara kasat mata, tapi juga ditingkatkan skillnya sekaligus juga melestarikam muatan lokal.

"Bila perlu, dijelaskan bahwa gamelan itu sejarahnya bagaimana dan filosofinya apa. Saya yakin, kolaborasi kesenian dengan sekolah kejuruan ini juga dapat meningkatkan peminat anak didik," ujarnya.

BACA JUGA:Jangan Lupa, Ini Daftar Tim Lolos Babak 16 Besar Liga Champions 2022-2023, Jadwal Undian dan Pertandingan

Dalam kesempatan itu, Uswatun Hasanah juga mengapresiasi SMK BP Adiwerna yang berhasil membranding sekolahnya hingga kewalahan menerima peserta didik baru. SMK ini wajib ditiru oleh sekolah lainnya supaya dapat mendatangkan murid tanpa merayu.

"Sekolah ini berhasil menyajikan pembelajaran dengan baik. Sehingga orangtua siswa merasa nyaman jika anaknya sekolah di situ," ujar Uswatun.

BACA JUGA:Kylian Mbappe 'Senggol' Nyonya Tua hingga Turun Tahta, Hasil Liga Champions Juventus vs PSG 1-2

"Pihak sekolah juga sudah bekerja sama dengan sejumlah industri. Sehingga para lulusan dari SMK ini bisa langsung bekerja," pungkasnya. *

Sumber: